Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Laptop Terkena Virus Ransomware

Konten [Tampil]

 

Ransomware - Suatu hari yang menyebalkan ketika mimpi buruk itu mesti di lalui, yang mana akibat kekonyolan mimin semua data yang ada di dalam hardisk terkunci oleh virus bajingan yang bernama ransomware. Hampir semua data penting yang ada di dalam laptop terinfeksi virus tersebut, dan semua file berubah menjadi format ZATP.

Sudah belasan tahun mimin mengoperasikan komputer, baru kali ini di susupi oleh virus yang berjenis ransomware ini. Tentu saja ini menjadi mimpi buruk buat mimin, bagaimana tidak hampir semua data penting, baik itu file penting, aplikasi, hingga album foto pribadi dan keluarga semua nya hilang dan terkunci oleh virus ini.

Awal nya mimin tidak tau bawasanya hal ini di sebabkan oleh virus, setelah mencari tau akhirnya mimin tau bahwa laptop mimin sudah di serang oleh virus yang bernama ransomware. Virus ini masih satu golongan dengan virus trojan dan malware. Virus ini paling di takuti oleh para pengguna komputer karena virus ini mampu mencuri data kita.

Baca juga : Mengembalikan file terkena ransomware

Mimin mengira hanya mimin saja yang terkena virus ini, dan ternyata sejak dulu sudah ada ribuan orang di luar sana yang mengalami nasib yang sama, bahwa laptop mereka sudah di curi data nya oleh hacker yang membuat ransomware ini. Jika mereka ingin mengembalikan data nya maka harus membayar uang tebusan hingga ratusan dollar.

Kalian bisa lihat gambar di bawah ini, gambar ini mimin screenshot ketika laptop mimin mengalami hang ketika terserang oleh virus tersebut. Pada bagian yang di lingkar tertulis $130 yang artinya hacker tersebut meminta tebusan $130 dollar agar data kita bisa di kembalikan. 

Namun mimin tidak percaya begitu saja, karena namanya penjahat bisa saja mereka berbohong. Dan jika kalian mengalami hal ini jangan pernah terbujuk untuk membayar tebusan.

Penyebab terkena ransomware berdasarkan pengalaman 

Awal mula kekonyolan mimin hingga terkena virus ini adalah di saat mimin menginginkan sebuah aplikasi, yang mana aplikasi tersebut asli nya merupakan aplikasi premium berbayar. Namun karena mimin iseng akhirnya mimin mencoba untuk mencari yang gratisan.

Setelah mimin searching ketemu lah salah satu situs luar negri yang menyediakan download aplikasi tersebut. Awal nya mimin ragu untuk mendownload nya karena ukuran file nya hanya 2 mb saja.

Dan mimin masih ingat bahwa ukuran aplikasi resmi nya itu 200 mb. Namun akibat kelalaian mimin akhirnya mimin penasaran untuk mendownload dan menginstal nya. Dan terjadilah hal yang tak terduga.

Ketika aplikasi tersebut sudah di instal maka laptop mimin pun jadi lemot parah lalu hang seketika. Setelah mimin coba mematikan lalu menghidupkan nya kembali yang terjadi munculah seperti gambar di atas. Dan ketika melihat semua data sudah berubah format nya menjadi ZATP dan tidak bisa dibuka sama sekali.

Perasaan pun menjadi campur aduk dan kesal atas kekonyolan sendiri, akhirnya mimin berusaha mencari solusi nya, namun hingga kini baru bisa mengembalikan beberapa foto kenangan saja. 

Pesan mimin buat para pembaca tulisan ini, berhati hatilah ketika ingin mendownload aplikasi bajakan, apalagi ukuran file nya mencurigakan. dan jangan mendownload aplikasi bajakan di situs luar negri yang sekira nya tidak terkenal.

Disinilah mimin menyadari bahwa aplikasi yang terindikasi virus ukuran file nya mencurigakan. Yang asli file nya berukuran besar kok malah yang di bagikan ukuran nya kecil.

Meskipun pada blog mimin juga membagikan software aplikasi, namun software aplikasi yang mimin bagikan sudah mimin gunakan dulu baru mimin bagikan pada blog ini, dan itu aman karena ukuran file nya sesuai dengan yang asli.

Cara memperbaiki laptop terkena ransomware

Terkena virus ransomware ada dua bagian yaitu terkena ransomware online dan offline, beda nya jika kamu terkena ransomware online maka semua kendali atas data kamu berada di tangan si pembuat nya. 

Jika terkena yang offline maka solusi peluang untuk menyelamatkan data kamu masih bisa. Untuk lebih jelas nya kamu bisa baca selengkap nya disini.

Klik Spasi
Klik Spasi Hi, Aku Masboy, Suka Menulis Berbagai Macam Tutorial seputar Dunia Tekno

Post a Comment for "Pengalaman Laptop Terkena Virus Ransomware"